Bukan Akhlak Juga Bakat

BOGOR- Dalam rangkaian acara Islamic Book Fair ke-4 di Kota Bogor yang bertempat di Plaza Masjid Raya Bogor di Jalan Padjajaran, diadakan seminar parenting dengan tema

    “Pendidikan Akhlak dan Bakat” oleh Ust. Muhammad Ferous, seorang konsultan yang juga mengelola beberapa sekolah alam. Hujan yang mengguyur Kota Bogor dan sekitarnya sempat menjadikan beberapa titik di area pameran dirembesi air hujan. Alhamdulillah hal tersebut dapat ditangani oleh panitia sehingga acara tetap datap dilaksanakan. Setelah ashar, sekitar pukul 16.05 acara dimulai, terlihat beberapa bangku masih kosong dari peserta baik di ikhwan atau pun di akhwat sementara hujan semakin deras.
    Di awal pembicaraan pembicara sempat menanyakan kepada para hadirin mengenai pendidikan kita saat ini, apakah pendidikan di sekolah lebih mempengaruhi pendidikan di rumah atau sebaliknya? Kemudian beliau memberikan beberapa ilustrasi sehingga dapat disimpulkan di zaman sekarang ini pada umumnya pendidikan di sekolah lebih mempengaruhi pendidikan di rumah daripada pendidikan di rumah mempengruhi pendidikan di sekolah. Beliau memberikan contoh, ketika menjelang ujian akhir orang tua akan sangat resah kalau merasa anaknya belum mengusai pelajaran-pelajaran yang akan diujikan. Karena merasa anaknya belum bisa dan materi yang diberikan di sekolah belum mencukupi, maka orang tua akan meleskan atau memanggilkan guru privat bagi si anak. Namun perlakuan berbeda jikalau si anak belum bisa sholat, beberapa orang tua tidak serisau ketika anaknya tidak paham pelajaran yang akan diujikan. Begitu juga sekolah tidak mempertanyakan dan mengurusi hal itu.
    Menurut beliau hal ini terjadi karena salah kaprah dalam memahami apa yang fardhu ‘ain dan apa yang fardhu kifayah. Banyak yang lebih mendahulukan yang fardhu kifayah daripada yang fardhu ‘ain bahkan ada yang sama sekali tidak mempedulikan yang fardhu ‘ain. Seperti mengusai matematika lebih dijadikan priortitas daripada pengusaan praktek sholat, untuk bisa lulus ujian nasional maka anak harus mengusai pelajaran matematika.
    Kemahiran dalam bidang matematika, ilmu alam, ekonomi dan lain sebagainya itu merupakan bakat dan sholat merupakan akhlak. Lalu lebih penting mana pendidikan bakat atau akhlak terhadap anak. Jawabannya adalah semua anak wajib bisa sholat namun tidak semua orang harus menjadi ahli matematika, dokter, ilmuwan dan lain-lain. Artinya sesuatu yang fardhu ‘ain itu harus kita laksanakan sebagaimana mestinya, sedangkan yang fardhu kifayah ada kebebasan kita dalam berkreasi sesuai dengan fitrah manusia.
    Yang terjadi pada pendidikan kita sekarang adalah pengesampingan akhlak dan mencoba menyeragamkan bakat. Setiap anak diharapkan dapat menguasai berbagai bakat yang sama, padahal beberapa dari mereka tidak mempunyai bakt tersebut. Menurut penelitian seseorang yang tidak berbakat disuatu bidang walaup dilatih bagaimanapun hanya bisa mencapai bakat rata-rata. Oleh karena itu pada dasarnya ujian nasional yang ada sekarang itu dapat mematikan bakat dan akhlak anak. Setiap anak dipaksa untuk dapat mengusai pelajaran-pelajaran yang diujikan tanpa memperhatikan bakat anak tersebut untuk dapat lulus dari sekolah juga tidak peduli anak tersebut bisa atau tidak sholatnya.
    Katakanlah: “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.”(al-isra:84)
    Adapun untuk menemukan bakat beliau memberikan tips dengan
    Banyak berinteraksi dengan banyak orang dalam banyak ragam kegiatan
    Beliau juga memaparkan mengenai segi tiga akhlak yaitu perbuatan secara sadar yang dapat dipertanggungjawabkan. Maka perbuatan yang masih dilakukan karena terpaksa atapun yang sewenang-wenang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh seseorang, berarti orang itu belum berakhlak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s