Qurani Youth Community dan Fos Armi Gelar Cerdas Cermat Alquran

Para Peserta Cerdas Cermat
Para Peserta Cerdas Cermat

Bogor (SI Online) – Lembaga Qur’ani Youth Community (QYC) bekerjasama dengan Forum Sillah Ukhuwah Antarpemuda Muslim (Fos Armi) menyelengarakan Lomba Cerdas Cermat Quran tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/sederajat se-Kota dan Kabupaten Bogor. Acara yang digelar pada Ahad (24/8/2013) itu bertempat di Masjid Raya Al-Muttaqin, Perum Indraprasta Bantarjati, Bogor. Tema yang diangkat adalah “Semangat Generasi Muda, Berakhlak dan Berprestasi.

Lomba Cerdas Cermat Qur’an (LC2Q) merupakan kegiatan perdana yang diselenggaran oleh QYC. Sebelumnya komunitas ini telah aktif dalam penyelenggaraan Lomba Tahfidzul Qur’an (LTQ) tingkat TK, SD/MI dan sederajat se-Kota dan Kabupaten Bogor.

Tujuh belas regu berpartisipasi dalam lomba. Setiap regu terdiri dari 3 peserta yang terpisah antara putra dan putri. Para peserta harus melewati babak penyisihan terlebih dahulu, semi-final dan kemudian final.

Setelah melewati rangkaian lomba, MTSD Al-Muttaqin berhasil keluar sebagai juara pertama. Juara kedua diraih MI Ibnu Taimiyah diikuti oleh SDIT Al-Kautsar sebagai juara ketiga. Sedangkan juara harapan berturut-turut diperoleh TPQ Saung Al-Ukhuwah, Keluarga Pelangi dan Rumah Tahfidz Muslimah Pecinta Qur’an (RTMPQ). Selain itu TPQ Saung Al-Ukhuwah juga terpilih sebagai regu favorit.

Acara ini mendapat apreasiasi dari para pembina yang mendampingi peserta. Menurut mereka lomba-lomba semacam ini harus sering diadakan. Untuk menyemangati anak-anak dalam belajar al-qur’an.

Menurut Ridwan, pembina TPQ Saung Al-Ukhuwah, banyak orang tua yang menngesampingkan pendidikan Alquran anak-anaknya. Mereka begitu antusias dalam memasukkan anak-anak mereka dalam kursus-kursus. Sering kali kursus-kursus itu menyita banyak waktu anak, termasuk waktu mengkaji Alquran.

“Orang tua sekarang itu sibuk mengkursuskan, meleskan anak-anaknya. Tapi ngaji malah ditinggal,” tuturnya.

Adapun tujuan dari Lomba Cerdas Cermat Qur’an (LC2Q) sebagaimana yang disampaikan ketua panitia, Ayu Solihah Sadariah, antara lain untuk memotivasi, membangun dan mengembangkan prestasi anak-anank dalam pembelajaran Alquran. Serta meningkatkan kecintaan terhadap Alquran dan sebagai ajang silaturrahim para pecinta Alquran.

“Diharapkan anak-anak tidak hanya menjadi para penghafal Alquran, tapi juga bisa mentadabburinya,” ungkap mahasiswi jurusan ekonomi Islam tersebut.

rep: riyan
red: syaiful

sumber : http://www.suara-islam.com/read/index/9088/Qurani-Youth-Community-dan-Fos-Armi-Gelar-Cerdas-Cermat-Alquran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s